Antobook

Planet Mars Dari Dekat

Posted on: Januari 29, 2008


Mengenal Lebih Dekat dengan Mars Mendekatnya planet Mars ke Bumi ternyata disambut penduduk dunia dengan suka cita. Warga Jakarta dan Bandung pun berduyun-duyun mengunjungi planetarium supaya bisa melihat lebih dekat si planet merah ini. Memang, mendekatnya Mars ke Bumi tidak setiap malam bisa terjadi. Kejadian ini hanya terjadi sekali dalam hampir 60 ribu tahun.

Tapi tentu saja jangan mengharapkan bisa melihat Mars seperti layaknya bulan purnama tanpa bantuan teleskop yang andal. Dengan mata telanjang, planet Mars hanya dapat terlihat seperti bintang-bintang lainnya. Sinarnya lebih terang dan berwarna semu oranye kemerahan.

Lalu apa yang menyebabkan Mars begitu mempesona? Salah satu faktornya adalah karena Mars merupakan planet yang memiliki kondisi paling mirip dengan Bumi. Dulu sempat beredar spekulasi adanya kehidupan di planet ini, begitu juga dengan kemungkinan bagi manusia untuk menempatinya. Sejumlah satelit yang bertugas mengamati Mars telah memberikan banyak masukan melalui foto-foto yang telah diambilnya. Diantaranya yang paling spektakuler adalah adanya air di planet ini, walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Penemuan lain memperlihatkan adanya sejumlah kawah dan gunung dengan jumlah banyak, yang merupakan hasil kegiatan vulkanik. Planet yang namanya diambil dari nama dewa perang Romawi ini memang memiliki banyak gunung dengan tinggi antara 6000 dan 7000 meter. Selain gunung dan kawah, di Mars juga terdapat gurun, lembah dan bebatuan cadas.

Sebagian besar permukaannya nampak sebagai padang pasir merah dengan awan kuning di atasnya. Inilah yang membuat Mars dijuluki si planet merah karena tampak seperti bintang kemerahan apabila dilihat dari permukaan Bumi. Atmosfer di Mars terdiri dari karbon dioksida dan sedikit sekali uap air, nitrogen dan argon. Sedang planetnya bernama Fobos dan Deimos.

Seperti halnya Bumi, Mars juga memiliki dua kutub di utara dan selatan. Kedua kutub tersebut kemungkinan berupa air beku atau karbon dioksida beku. Kutub yang sedang menjauhi Matahari, areanya akan bertambah. Sebaliknya, pada kutub yang menghadap ke arah Matahari akan mengalami musim panas. Cahaya Matahari yang memanaskan tudung kutub akan menyebabkan es karbon membentuk awan di atmosfer Mars. Perubahan di kutub ini menyebabkan Mars mengalami perubahan iklim yang dapat memicu terjadinya badai pasir.

Karena kondisi fisik Mars yang amat mirip dengan Bumi, tidak aneh kalau kemudian timbul spekulasi di antara ilmuwan adanya kehidupan di planet merah ini. Sudah banyak satelit yang diluncurkan manusia untuk mengamati lebih dekat kondisi Mars. Jumlah film Hollywood yang memakai latar belakang planet Mars juga tidak sedikit, walaupun kebanyakan tidak masuk akal. Ini semua membuktikan kalau Mars memang penuh pesona, dengan ada atau tidak adanya kehidupan seperti manusia Bumi di dalamnya.

Fenomena mendekatnya planet Mars ke Bumi memang tidak membuat perubahan signifikan dalam penampakannya di langit apabila dipandang tanpa teleskop. Tapi setidaknya dapat menumbuhkan minat manusia untuk mengenal lebih dekat lagi dengan planet yang terdekat dengan Bumi dalam sistem tata surya ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Inspiration In My Life

Dalam hidup,terkadang kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak kita inginkan. Dan ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, akhirnya kita tahu bahwa yang kita inginkan terkadang tidak dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia. ( In life, sometimes the more we get what we want not. And when we get what we want, finally, we know that we want sometimes can not make our lives become more happy ).

Calendar Reminder

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategory Any Posts

Anda Pengunjung Yang ke -

  • 20,601 - Trim's For Coming
%d blogger menyukai ini: