Antobook

Tikus Dihargai Rp 1000 Per Ekor di Bengkulu

Posted on: Februari 1, 2008


Pemerintah Kabupaten Lebong, Bengkulu, mulai 2008 menaikkan harga beli tikus yang dibunuh warga dari Rp 500 menjadi Rp 1.000 per ekor. Langkah ini diambil agar warga lebih semangat memburu hewan pengerat yang menyerang banyak lahan pertanian.Dana khusus pembelian tikus itu berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah yang jumlahnya cukup besar. “Diharapkan petani makin bergairah memburu hama tikus dan hasil panen semakin baik,” kata Bupati Lebong Dalhadi Umar Jumat (1/2).

Tikus adalah salah satu penyebab tingginya gagal panen padi sawah petani setempat. Dan, daerah tersebut berpotensi terhadap serangan hama tikus karena areal persawahannya dekat dengan kawasan hutan.

Setiap tahun ratusan hektare sawah petani di Lebong gagal panen akibat serangan tikus. Pada musim tanam 2007 ada sekitar 300-an hektare tanaman padi gagal panen dan bahkan dalam satu hamparan luasnya mencapai 25 hektare.

Sasaran serangan hama tikus di Lebong sebagian besar areal persawahan irigasi non teknis yang lokasinya di sekitar kawasan hutan atau semak belukar. Areal pesawahan irigasi teknis dengan hamparan luas sangat kecil diganggu hama tikus.

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Lebong Elfian Saleh mengatakan pemberantasan hama tikus di Lebong rumit karena arealnya sangat mendukung untuk kediaman tikus. Namun hama ini bisa dikurangi dengan cara menanam padi secara serentak.(JUM/Antara)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Inspiration In My Life

Dalam hidup,terkadang kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak kita inginkan. Dan ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, akhirnya kita tahu bahwa yang kita inginkan terkadang tidak dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia. ( In life, sometimes the more we get what we want not. And when we get what we want, finally, we know that we want sometimes can not make our lives become more happy ).

Calendar Reminder

Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Kategory Any Posts

Anda Pengunjung Yang ke -

  • 20,601 - Trim's For Coming
%d blogger menyukai ini: