Antobook

Sedang Dikembangkan teknologi telpon gratis

Posted on: Februari 3, 2008


Perusahaan asal Swedia, TerraNet, tengah mengujicobakan cara bagaimana berbicara gratis lewat ponsel. Diharapkan, teknologi ini dapat mengembangkan komunikasi di negara berkembang.

Pendiri TerraNet, Anders Carlius menemukan ide program ini saat berwisata ke Tanzania dan menemukan buruknya jaringan telekomunikasi di sana. “Dengan produk ini, kami memberi kesempatan berbicara secara gratis kepada masyarakat miskin,” sebut Carlius seperti dikutip detikINET dari BBC, Rabu (12/9/2007).

Ia mengatakan, proyek ini dikembangkan menggunakan teknologi peer-to-peer, dan telah diperkenalkan di Tanzania dan Ekuador. Handset-nya pun dimodifikasi sehingga bisa bekerja sebagai peer yang bisa meneruskan data atau panggilan ke telepon lainnya dalam jaringan. Setiap handset mempunyai jangkauan efektif sekitar satu kilometer.

Rute telekomunikasi antar ponsel ini juga diklaim tak memerlukan biaya. Ketika handset TerraNet dihidupkan, secara otomatis akan mencari ponsel lainnya yang berada dalam jangkauan. Jika bertemu, lanjut Carlius, keduanya saling terkoneksi dan memperluas jaringan. Prinsip ini akan menciptakan jaringan ponsel mini.

Namun, Carlius menggarisbawahi bahwa masih bisa terjadi masalah berkaitan dengan kecukupan frekuensi radio yang tersedia.

Produsen telekomunikasi Ericsson mendukung proyek TerraNet ini dengan dana US$ 3 juta. Namun perusahaan lain masih skeptis bahwa teknologi ini tak akan bekerja dengan baik. Apalagi diperlukan handset khusus bagi teknologi ini meski suatu saat diharapkan bisa diterapkan pada produk ponsel massal.

Jika hal itu terjadi, Carlius memperkirakan model teknologi komunikasi GSM (Global System for Mobile) yang saat ini masih digunakan pada 70 persen ponsel akan terancam eksistensinya.
( fyk / ash )

3 Tanggapan to "Sedang Dikembangkan teknologi telpon gratis"

kita tunggu nih di indonesia kapan ya

Saya suka dgn ide trsbt cos ya namax gratis… Pasti bnyk yg dkng lah

kalau diindonesia….?????
pasti kapan..kapan ..dech..!
wong parkir aja dipalakin…..!!!
diindonesia masih banyak preman mata duitan
jadi susah untuk tis..gratissss apapun itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Inspiration In My Life

Dalam hidup,terkadang kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak kita inginkan. Dan ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, akhirnya kita tahu bahwa yang kita inginkan terkadang tidak dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia. ( In life, sometimes the more we get what we want not. And when we get what we want, finally, we know that we want sometimes can not make our lives become more happy ).

Calendar Reminder

Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Kategory Any Posts

Anda Pengunjung Yang ke -

  • 20,601 - Trim's For Coming
%d blogger menyukai ini: