Antobook

Forgiveness Hypnotherapy Mesra Kembali Setelah Luka Selingkuh

Posted on: Februari 5, 2008


 

Forgiveness Hypnotherapy

 

Mesra Kembali Setelah Luka Selingkuh

 

Sangat sulit menerima kembali pasangan yang berselingkuh,. Meski maaf telah diterima, hati dan pikiran tetap saja tidak rela. Hingga menjadi luka pada kehidupan seksual dan keharmonisan rumah tangga. Dengan forgiveness therapy, persoalan ini bisa diatasi.

Mawar (bukan nama sebenarnya), seorang artis terkenal ibukota , mungkin tak dapat menyimpan lara di hatinya. Maklum, Yoyok (juga bukan nama sebenarnya) sang suami, pria yang dipercaya memberikan cinta sejatinya tengah berasyik masyuk dengan seorang model di Surabaya. Bahkan tidak dapat mengelak ketika ‘percintaannya’ dengan seorang model terekam kamera. Perempuan mana yang tidak terluka melihat sang suami berkasih mesra dengan perempuan lain?

“Sebagai perempuan saya seperti ditelanjangi. Saya tidak sanggup melihat adegan itu. Itu penghinaan terbesar tidak kuat saya tanggung”, begitu Mawar menumpahkan perasaannya. “Sebagai istri saya tidak sanggup memaafkannya, tetapi demi anak, saya mencoba sabar,”sambungnyaserius. Walaupun tak berakhir dengan kata cerai, toh Mawar punya cara tersendiri untuk menghukum ‘kenakalan’ suaminya.

Walaupun masih satu rumah, Mawar mengaku tidak lagi seranjang dengan sang suami. Begitu pula soal mengasuh anak semata wayangnya. R Sky Feast yang masih berusia 2 tahun, tidak sedikitpun Mawar mempercayai suaminya lagi. Dia memilih menitipkan anak semata wayangnya ini pada orang tuanya di Sumedang. Setelah beberapa bulan ‘gencatan sejata’ ini dilakukan, dan kedua pasangan ini masih tetap dengan caranya sendiri.

“Saya tidak sanggup tidur dengan laki-laki yang sudah mebagi cintanya pada perempuan lain. Seolah-olah saya sudah tidak ada harganya lagi,”tukas rossa yang tidak keberatan bila cara ini disebut sebagai upaya ‘menghukum’ suaminya. Dia percaya, tindakan ini akan bisa membuat suaminya jera sekaligus tidak lagi mata keranjang. Juga diakuinya, rasa asmara masih tetap terjaga.

Menghilangkan Trauma

Seperti dialami Mawar , ilustrasi di atas, memang sulit untuk menerima kembali pasangan yang telah berselingkuh. Bila pun bisa kembali akur, seringkali hanya sebuah keterpaksaan saja. Bermacam pertimbangan, seperti masa depan anak-anak dan keutuhan rumah tangga, menjadi faktor pemaksanya. Padahal dengan keterpaksaan itu, berbagai dampak persoalan rumah tangga bisa terjadi. Persoalan yang pada akhirnya juga mengakibatkan keluarga menjadi tidak harmonis kembali.

Dampak keterpaksaan itu kebanyakan berimbas pada kehidupan seksual. Istri atau suami, biasanya akan merasa jijik ketika harus melakukan hubungan seks dengan pasangan yang pernah mengkhianati cintanya. Secara psikis, bayangan kejadian perselingkuhan yang dilakukan pasangannya, membuat dirinya tidak bergairah dengan pasangan tersebut. Frigid bagi perempuan, atau menjadi impoten bagi laki-laki. Padahal mereka sadar, bila hal itu terus berlangsung akan menyebabkan masalah yang lebih besar.

Agar segalanya kembali normal seperti sebelum salah satu pihak mengetahui adanya perselingkuhan. Memaafkan pasangannya yang berselingkuh, adalah kuncinya. Bukan sekedar memaaafkan lewat kata-kata, tapi juga dalam pikiran dan perasaan. Artinya, dengan ikhlas bisa menerima kembali pasangannya seperti sediakala atau menghilangkan bayangan bahwa pasangannya pernah berkhianat. Namun secara normal, butuh waktu yang cukup lama untuk bisa memaafkan seperti itu. Atau bahkan, karena luka hati yang sangat dalam, maaf secara ikhlas itu tidak akan pernah tersampaikan.

Bila itu terjadi, sebuah terapi psikis bisa menjadi jalan keluarnya. Salah satunya dengan cara hypnotherapi atau penggunaan hypnosis untuk terapi. Lebih khusus untuk terapi kasus yaitu forgiveness therapy. Forgiveness therapy adalah terapi hypnosis atau salah satu metode hypnotherapy yang berupaya agar si klien bisa memaafkan bagian dirinya yang disakiti atau memaafkan pihak lain yang menyakitinya. ’Memaafkan bukan hanya sekedar di mulut dan pikiran, tapi juga feel, sampai di hati, sampai level alam bawah sadarnya,’ kata Yus Santos, MM CHt. Menurut hypnotherapist sekaligus founder Alfa Omega NLP HYPNO Center ini, inti forgiveness therapy adalah bagaimana berupaya membuat seseorang bisa memaafkan kesalahan yang dilakukan dirinya dan atau orang lain. Caranya, dengan menghilangkan trauma masa lalu dari pikiran orang tersebut. Berkaitan dengan masalah perselingkuhan, tentunya agar dia bisa memaafkan tindak pengkhianatan yang pernah dilakukan pasangan. Lebih dari itu sang klien harus bias memafaafkan part atau bagian dari dirinya yang tersakiti, hingga di alam bawah dasarnya.

Dalam kasus perselingkuhan, penyembuhan trauma lewat forgiveness therapy bukan hanya berlaku untuk korban. Pelaku perselingkuhan yang sangat merasa bersalah, sehingga perasaan itu mengganggu kehidupan rumah tangganya, pun bisa disembuhkan dengan terapi ini. “Dengan kata lain, forgiveness therapy bagi pelaku perselingkuhan adalah upaya agar yang bersangkutan bisa memaafkan dirinya sendiri,” ujar Yus ketika diwewancarai di kantornya, Ruko Mangga Dua Blok A9-2 Lt 3, Surabaya

Bagi yang mengalami trauma persoalan rumah tangga semacam perselingkuhan, cara ini bisa menjadi solusi yang tepat. Karena, menurut Yus, tingkat keberhasilan forgiveness therapy sangat tinggi. “Klien-klien yang datang ke saya dan menjalani terapi ini hampir semuanya bisa sembuh,” katanya. Tingkat keberhasilan akan semakin tinggi, bila setelah terapi langsung, pasien mengikuti training hipnosis agar bisa menerapi diri sendiri (self therapy). Jadi sewaktu-waktu, bila bayangan trauma masa lalunya muncul, yang bersangkutan sudah bisa mengatasinya sendiri. Untuk therapy lansung yang dilakukan seorang hipnoterapis, seorang pasien memerlukan 6 sampai 12 kali pertemuan, tergantung kedalaman dan permasalahan klien.

Keberhasilan terapi tersebut tidak hanya terjadi pada jenis kasus perselingkuhan yang sama. Berbagai kasus perselingkuhan dengan bermacam latar belakang pelaku maupun korbannya berhasil dengan pendekatan hypnotherapy. Bahkan sebagaian besar yang ditangani Alfa Omega menyakut persoalan sex sebagai imbas atau penyebab masalah perselingkuhn tersebut.

Hypnosex

Persoalan seks memang menjadi bagaian persolan rumah tangga (marital problem) yang banyak ditangani lewat hypnotherapi yang biasa disebut marital therapy. Problem menyakut hubungan-hubungan suami-isteri yang tidak berjalan dengan bagus. Ada berbagai sebab yang menyertainya misalnya tanpa disadari sang suami punya trauma masa lalu, sehingga ketika berhubungan seks masih berorientasi pada mantan pacar. Kalau tidak membayangkan mantan pacarnya itu dia kesulitan melakukan hubungan seks. Kalau masih dalam bayang-bayang saja, mungkin tidak menjadi masalah. Celakanya bila sampai salah sebut dan istrinya tahu,

Ini yang membuat problem bias lebih gawat. Kenapa bisa salah sebut dan sebagainya itu, karena prosesnya, hubungan yang terdahulu sangat dalam masuk ke bawah sadar.” Jadi tanpa disadari itu muncul tidak hanya di bayangan, tapi di ucapan, bahkan perilaku ,” papar Yus

Semua itu menjadi sebab ketidak harmonisan hubungan. Bagi si istri menjadi ganjelan, jadi tidak bergairah lagi. Begitu pula suaminya, masih terpaku pada mantan pacarnya. Nah, semua itu bisa diatasi dengan hipnoterapi. Sebagai contoh kasus persoalan seks yang menyakut marital problem dan perselingkuhan, adalah kasus yang menimpa seorang publik figure di Surabaya. Begitu mengetahui bahwa suaminya yang telah menikahinya bertahun-tahun berselingkuh, dia mengalami trauma yang sangat hebat. Meski suami bersedia kembali dan ada pertimbangan tentang masa depan anak-anaknya, persoalan tidak menjadi lebih mudah. Karena luka hatinya sangat dalam, wanita ini jadi frigid, hilang gairah seksnya sama sekali. Persoalan menjadi lebih berat, karena sebenarnya dia tidak menginginkan seperti itu. Akhirnya, dengan forgiveness therapy semuanya kembali baik seperti sediakala.

Contoh kasus lain adalah kasus perempuan berusia 34 tahun, cantik dan punya kedudukan tinggi di sebuah perusahaan ternama. Dia sudah beberapa kali pacaran, namun ketika ingin melangkah ke hubungan yang serius, dia merasa tidak bisa.pasalnya, dia merasa ketakutan saat pasangannya akan mencium atau memeluknya. Setelah psikolog yang didatanginya tidak mampu menyelesaikan masalahnya, dia memutuskan untuk melakukan hypnotherapi.

Setelah dicari akar pemasalahanya dengan hyno-analysis, diketahui bahwa dia mempunyai kenangan masa lalu yang buruk. Saat masih duduk did kelas 3 SD, wanita ini pernah nyaris jadi korban perkosaan. Pengalaman itu terbawa terus sampai dewasa, sehingga ketika dekat dengan seorang laki-laki, bayangan upaya perkosaan itu selalu muncul. Meski dia sebenarnya tidak mengenal siapa laki-laki itu. Tetapi trauma yang dialaminya, membuat semua lelaki yang mendekatinya dianggap seperti pemerkosanya waktu itu. Begitu penyebabnya diketahui, kemudian dengan forgiveness therapy diupayakan agar klien lewat alam bawah sadarnya dia bisa memaafkan laki-laki yang pernah akan memperkosanya. “Akhirnya forgiveness therapy berhasil membuat dia menjadi lebih mudah saat melakukan hubungan dengan laki-laki,’jelas Yus, pemegang sertifikat hypnotherapist ini.

Adapula yang menjalani forgiveness therapy ke Alfa Omega seorang wanita pengidap perilaku seks sadomasokis – BDSM (suatu sikap dalam berhubungan seks suka disakiti atau menyakiti dan perbudakan) .Wanita ini menuturkan perilaku seksnya. si wanita sengaja melakukan perselingkuhan untuk diketahui suaminya. Dia berharap bila suaminya tahu, sang suami akan marah dan melakukan kekerasan fisik dan mental kepadanya yang membuatnya memperoleh kepuasan seksual.

Untuk kasus seperti ini, ada dua alternatif piilihan terapinya. Pertama, si wanita di kembalikan menjadi wanita yang orientasi seksnya seperti wanita kebanyakan, bukan sebagai seorang masochist lagi. Ini bisa dilakukan dengan mencari trauma masa lalu yag mungkin pernah dialaminya. Kedua, membuat sang suami, yang awalnya memiliki orientasi seksual biasa, menjadi mengikuti orientasi seksual istrinya, biasanya mereka berdua harus berunding memilih untuk membuat pilihan. Cara untuk pilihan terapi yang kedua dengan menghipnosis sang suami agar ketika melakukan penyiksaan fisik terhadap istrinya itu masuk alam bawah sadarnya. Sehingga ia bisa menikmati perilaku seksnya yang baru itu. Ternyata alternatif kedua yang dipilih oleh pasangan suami istri itu, hingga akhirnya mereka menjadi pasangan sadomasokis. “Asal mereka tahu batas-batasnya, tidak saling membahayakan, itu lebih baik daripada harus bercerai, “ imbuh lulusan Magister Management Universitas Surabaya ini

Metode Therapy

Seperti contoh-contoh kasus did atas klien atau pasien yang akan melakukan therapy harus digali persoalannya terlebih dulu. Seorang hipnoterapis juga harus mendengar cerita si klien, baik dalam keadaan sadar maupun dalam keadaan hypnotic state. Dibutuhkan proses hypnosis sehingga klien mudah mengungkapkan permasalahan tanpa takut. Dimana dalam keadaan sadar, sang klien biasanya tidak akan langsung mengungkapkan permasalahan yang sebenarnya. Dalam keadaan sadar, si klien masih mengalami hambatan-hambatan seperti rasa malu atau ketakutan-ketakutan tertentu. Sementara dalam keadaan hypnosis, saat bawah sadarnya rilek, hambatan-hambatan itu tidak ada lagi. Sehingga memudahkan klien menceritakan segala permasalananya dengan jauh lebih mudah.

Penggalian persoalan itu disebut hipnoanalysis, yang antara lain terdiri dari part therapy dan age regression. Age regression (regresi umur ) adalah bagaimana menghipnotis klien untuk mencari penyebab. Masalah itu mulai darimana dan menganalisisnya. Orang dikembalikan ke masa lalu atau masa kecil saat pertama kali mendapatkan masalah itu (ISE, initial sensitive event, awal peristiwa yang membuat ia terkena rasa sensitifnya) setelah diketahui penyebabnya, program-program terapi atau me-reedukasi pikiran bawah sadarnya dijalankan.

Ketika masuk bawah sadar,beberapa metode terapi digunakan. Pertama, induksi atau bahasa sugesti yang digunakan untuk masuk ke pikiran bawah sadar, “Setelah induksi, klien biasanya lansung relax, mata ndak bisa mbuka, seluruh tubuh dalam keadaan relax, meski masih dalam keadaan sadar,”kata Yus, yang selain akatif hypnotherapy juga rajin memberikan pelatihan motivasi di berbagai perusahaan. Setelah itu, hipnosis statenya diperdalam atau deepening (metode untuk meningkatkan pikiran bawah sadar sehingga potensinya lebih kuat). Setelah deepening, kemudian melangkah ke metode therapeuitic atau metode-metode penyembuhan dalam hypnosis. Antara lain dengan suggestion therapy, age therapy, part therapy, role model, dan chair therapy. Setiap metode therapuitic yang dipakai, berdasar permasalahan klien . Setelah langkah itu dijalani kemudian masuk pada tahap post hypnotic suggestion atau sugesti setelah hypnosis. Artinya sugesti yang diberikan pada saat itu akan terus berkerja, meski si klien sudah bangun atau dalam keadaan normal. Terakhir ditutup dengan termination atau bagian mengakhiri terapi. Ditekankan agar si klien bisa bangun dalam keadaan segar .

Penentu Keberhasilan

Keberhasilan therapy juga ditentukan oleh beberapa factor. Factor pertama adalah kemauan, keikhlasan dan kesungguhan klien untuk masuk ke alam bawah sadarnya. Kedua, tingkat sugestibilitas yang dimiliki klien. Sugestibilitas adalah istilah dalam ilmu hipnotis yang berarti kemampuan seseorang untuk menerima sugesti bawah sadar. Dengan kata laian mensugesti atau memberi edukasi ulang ke alam bawah sadarnya. Semakin tingkat sugestibilitas tinggi, semakin mudah dia untuk diedukasi.

Seorang hipnoterapis dengan mudah akan mengetahui tingkat maupun jenis sugestibilitas yang dimiliki seseorang. Seorang hipnoterapis sebelum melakukan treatment, dia akan melakukan test untuk mengetahui tingkat sugestibilitas seseorang. Termasuk melakukan berbagai analisa untuk mengetahui tipe sugestibilitas Klien, bias emosional ataupun fisikal sugestibilitas.

Karena klien tidak bisa dipilih, seorang hipnoterapis juga akan berusaha untuk melatih tingkat sugestibilitas kliennya tersebut (hypnotic training). Latihan ini diperlukan karena setiap manusia memiliki tingkat sugestibilitas berbeda-beda,. Antara lain; tingkat sugestibilitas emosioal dan fiscal. Orang yang mempunyai tingkat sugestibilitas emosional lebih sulit dibnading yang memiliki sugestibilitas fiscal tinggi. Ada juga statistik penelitian Universitas Stanford (Stanford Suggestibilitas Scale). Berdasar penelitian ini, ada yang 5% yang sulit masuk ke hipnotis, 85% moderat, 10% mudah. Atau anailisi bagan dari ahli hypnotherapy Kappas, untuk menentukan jenis sugestibilitasnya. Jadi yang dilakukan hipnoterapis dengan hynotic training adalah meningkatkan sugestibilitas dari rendah ke moderat, dari moderat ke tinggi. Makin mudah orang dihipnosis semakin mudah problemnya dituntaskan.

Meski penyembuhan lewat hipnoterapi permanen, untuk lebih menguatkan, seorang hipnoterapis akan memberikan pelatihan agar si klien bisa melakukan self hypnotherapy. Lebih baik bagi pasangan suami-istri sama-sama bisa menghipnosis. Sehingga mereka jadi bisa saling menerapi. Untuk menguatkan,ada pula dengan metode visuallisasi dan affirmasi. Metode visualisasi, klien dibawa agar bisa melatih diri sendiri dengan membayangkan dalam keadaan relax, tutup mata, apa yang sudah diterapikan. Dengan dibayangkan,hasil terapi akan lebih kuat lagi. Sedangkan affirmasi adalah peneguhan. Contohnya dengan perkataan “saya bisa, saya bisa” yang dihayati secara emosional. Dalam konteks, metode visualisasi, hipnoterapis terkadang juga memberikan anchoring, yaitu sebuah tanda atau jangkar dalam pikiran kita untuk mengingat terapi yang sudah diberikan. Misalnya bila dia kambuh ingin selingkuh lagi, dia ingat anchor yang diberikan sehingga kembali setia ke pasangan atau istrinya. “Ini seperti halnya seseorang yang ketika mendengar lagu atau melihat benda tertentu lengsung ingat seseorang atau kejadian yang pernah dialaminya,”lanjut laki-laki yang menempuh studi sarjana dari Univ Airlangga ini.

Salah satu contoh anchoring adalah seorang istri yang semula mengalami kesulitan mencapai kenikmatan seksual. Oleh hipnoterapis dia diberikan anchor bayangan ciuman kening atau pelukan dari sang suami. Hasilnya ketika teringat ciuman dan pelukan itu, dia lansung bisa bergairah. “ Jadi, pada dasarnya hipnoterapi bukan hanya berguna untuk memaafkan,” kata Yus. Hipnoterapi juga bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya perselingkuhan kembali. Salah satunya dengan mengetahui penyebab istri atau suami berselingkuh. Mungkin penyebabnya karena pasangan kurang sempurna atau tidak bisa nenuruti kemauannya. Lewat hypnosis, kekurangan ini bisa diatasi.

Selain itu, hipnoterapi juga bisa untuk memperkuat cinta masing-masing pasangan.”Memperkuat cinta khan juga bisa dilakukan sebelum perselingkuhan terjadi,” pungkas Yus yang juga memegang sertifikat Indonesian Board Hypnotherapy.

Jika anda pasangan suami istri, atau sepasang kekasih yang ingin meningkatkan kemesraan bersama, anda bisa mempelajari hypnosis for family atau bahkan hypnosis for sex, sehingga kualitas Hidup anda jauh menjadi lebih baik.

1 Response to "Forgiveness Hypnotherapy Mesra Kembali Setelah Luka Selingkuh"

ya mau bilang apa lagi ya mas, saat ini selingkuh itu sepertinya sebuah trend. Hingga ada yang mengatakan selingkuh itu adalah SELINGAN TAPI KELUARGA UTUH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Inspiration In My Life

Dalam hidup,terkadang kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak kita inginkan. Dan ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, akhirnya kita tahu bahwa yang kita inginkan terkadang tidak dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia. ( In life, sometimes the more we get what we want not. And when we get what we want, finally, we know that we want sometimes can not make our lives become more happy ).

Calendar Reminder

Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Kategory Any Posts

Anda Pengunjung Yang ke -

  • 20,601 - Trim's For Coming
%d blogger menyukai ini: